QE Tidak Dibahas – Euro Naik Ke Level Tertinggi 2-Minggu

(10 September 2016 – 9:00 GMT +7) Euro naik ke level tertinggi dua minggu terhadap dolar AS setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan tidak ada diskusi tentang perpanjangan pelonggaran kuantitatif  (Quantitative Easing – QE) setelah Maret 2017. EUR / USD naik 0,77% ke 1,1324 dari sekitar 1,1289.
ECB menaikkan prediksi 2016 pertumbuhan menjadi 1,7% dari 1,6%, tapi sedikit menurunkan proyeksi 2017 dari 1,7% menjadi 1,6% pada pertemuan hari Kamis.

Draghi mengatakan kebijakan moneter saat ini adalah efektif dan perubahan proyeksi pertumbuhan bank tidak begitu besar untuk mendorong  keputusan bertindak lebih lanjut. Ia menegaskan bahwa tidak ada keraguan ECB memiliki kapasitas dan kemampuan untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan.

Draghi menegaskan bahwa ECB akan menjalankan program pembelian aset bulanan sampai Maret 2017 atau lebih lama jika diperlukan, sampai “penyesuaian di jalur inflasi” telah dicapai secara berkesinambungan.

ECB memperkirakan perekonomian kawasan euro untuk terus tumbuh secara “moderat, dan stabil”, juga melihat peningkatan bertahap dalam inflasi.

Draghi memperingatkan bahwa pemulihan zona euro akan dipengaruhi oleh turunnya permintaan luar negeri akibat “ketidakpastian” setelah pemungutan suara U.K. untuk keluar dari Uni Eropa.

Kepala ECB menegaskan bahwa tingkat suku bunga bank pada rekor rendah 0,0%, adalah sejalan dengan ekspektasi pasar. Bank sentral juga mempertahankan suku bunga deposito dan suku bunga pinjaman marjinal sehingga tidak berubah. Ia mengatakan suku bunga akan tetap berada pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk “waktu yang cukup panjang” sehingga pemulihan tidak akan terhambat.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, jatuh ke posisi terendah 94,55, terlemah sejak 26 Agustus.

BACA >  Carry Trade Sedang Populer Untuk Saat Ini

Dolar tetap mengalami tekanan setelah laporan awal pekan ini menunjukkan bahwa aktivitas sektor jasa AS melambat pada bulan Agustus ke level terendah sejak awal 2010.
Data yang lemah, setelah keluarnya laporan pekerjaan AS suram pekan lalu, mewarnai prospek ekonomi AS sehingga Federal Reserve mungkin menunda menaikkan suku bunga lebih lanjut.

Fed menaikkan suku bunga pertama kali dalam hampir satu dekade di bulan Desember.
Ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan dolar AS sehingga menarik minat investor.

Seputar Web

loading...

One Response to "QE Tidak Dibahas – Euro Naik Ke Level Tertinggi 2-Minggu"

Post Comment